Langsung ke konten utama

Sehatkan Indonesia bersama Sembutopia

Sudah seberapa besar kesadaran kita akan hidup sehat ? Kalau saya pribadi kesadaran akan hidup sehat masih rendah dikarenakan saya masih suka makan sembarangan, jarang berolahraga dan pola tidur yang tidak teratur tapi meskipun demikian alhamdulillah sampai sekarang masih sehat wal afiat ^_^. 

Kesadaran saya akan pentingnya hidup sehat jadi tergugah ketika saya berkesempatan mengikuti peringatan World Health Day yang diselenggarakan oleh Sembutopia yang bertempat di  Cielo 37 yang terletak di lantai 9 Hotel Grand Aston Yogyakarta pada hari Sabtu (14/4/18).

Sebenarnya apakah sembutopia itu ? Sembutopia adalah suatu platform digital yang berfokus sebagai media edukasi, motivasi,dan penyembuhan yang didirikan oleh Bapak Kafi Kurnia. Tema acara malam hari itu adalah 'More Healthy by Eating Food' karena pastinya kesehatan kita sangat ditentukan oleh apa yang kita makan.

Dalam sambutannya Bapak Kafi juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia terancam diabetes. Hal ini dibuktikan dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) Kementrian Kesehatan RI, dimana jumlah penderita diabetes di tahun 2013 mencapai angka 9,1 juta jiwa dan jumlah ini semakin bertambah dari tahun ke tahun. Penyakit diabetes ini diakibatkan karena kita lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana, sedangkan untuk menjadikan tubuh kita sehat maka kita harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks. 

chef Jojo (kiri), pak Kafi (tengah), pak leonard (kanan)
Apa sih bedanya karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks, dan mengapa karbohidrat sederhana bisa mengakibatkan diabetes ? karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula sedangkan karbohidrat kompleks itu adalah karbohidrat yang terdiri dari tiga atau lebih molekul gula. Karena jumlah molekul dari karbohidrat sederhana itu hanya sedikit maka akan lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat menigkatkan kadar glukosa darah yang bisa berakibat pada diabetes. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks karena sifatnya yang lebih lama dicerna disamping itu karbohidrat kompleks juga lebih banyak mengandung serat, vitamin dan mineral.

Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kentang. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Leonard Tjahjadi selaku representative dari Potatoes USA mengatakan bahwa kentang itu mengandung serat sebesar 20% dan 80 % air.

Karena besarnya manfaat kentangbagi kesehatan maka di acara World Health Day kemarin disajikan beberapa menu makanan yang berbahan dasar kentang hasil olahan chef jojo dari Grand Aston dimana sajian ini berupa krecek sigar, sate buntel dan blinis with asian fish.

krecek sigar

blinis with asian fish

sate buntel
Pastinya makanan-makanan ini selain enak juga menyehatkan karena terbuat dari bahan yang mengandung karbohidrat kompleks. Selain kentang karbohidrat kompleks juga bisa kita jumpai di dalam buah apel. Selain mengadung karbohidrat kompleks buah apel juga mengandung bermacam - macam vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat bermanfaat. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari dapat mencegah berbagai penyakit seperti asma, diabetes tipe - 2, stroke, kanker paru dan penyakit jantung.


Ternyata manfaat karbohidrat kompleks itu sungguh luar biasa ya, so yakin masih mau sehat dengan makan karbohidrat sederhana ? Kalau saya sih enggak. 

Beruntungnya saya bisa bergabung di acara ini, tidak hanya mendapat pengetahuan yang semakin menyadarkan saya akan pentingnya hidup sehat dengan mengkonsumi makanan yang benar plus dapat Goodie bag pula. Udah  sehat bahagia pula, siapa coba yang ga mau (^_^).
Terima kasih sembutopia untuk kesempatannya. Semoga semakin banyak orang Indonesia yang sehat dengan keberadaanmu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan Bebek Dengan Nuansa Bali, Ya ke Bebek Indra Aja

  dok by @javafoodie Ada yang tau Bebek Indra atau jangan-jangan belum tau ya ?Di usianya yang masih terbilang baru menginjak usia 2 tahun wajar sih ya kalau para pecinta kuliner di Jogja belum terlalu kenal sama yang namanya Bebek Indra tetapi meskipun begitu kelezatan Bebek Indra ini tidak diragukan lagi lho karena udah banyak direview oleh beberapa food blogger kenamaan seperti @makankeliling , @javafoodie dan @gembulfoodie jadi ga usah khawatir soal rasa. Selain rasanya sebenarnya yang membuat Bebek Indra istimewa adalah suasananya yang menghadirkan nuansa Bali membuat kita berasa lagi di Bali dengan iringan musik Bali dan bau Dupa yang khas bener-bener membuat kita berasa lagi di Bali. So kalau kalian ingin makan bebek sambil menikmati suasana Bali wajib banget ke Bebek Indra. doc by @gembulfoodie Untuk pilihan bebeknya sendiri ada bebek indra atau bebek crispy cuma kalau aku pribadi lebih suka bebek crispy. Untuk pilihan sambelnya ada sambel indra, sambel matah dan sambal kor

Bahagia Bersama Airasia Hingga Akhirnya Bisa Traveling Ke Luar Negeri

off to KL Pertama kali berkenalan dengan Airasia adalah awal tahun 2015 tepatnya bulan Januari ketika saya melakukan perjalanan ke Bali bersama teman-teman saya. Awalnya saya melakukan traveling sebagai bentuk pelarian akibat patah hati, harapannya dengan traveling saya bisa menyembuhkan rasa sakit saya akibat putus cinta tetapi ternyata hal itu tidak berhasil. Meskipun demikian tidak menyurutkan niat saya untuk terus traveling, yang awalnya hanya pelarian sekarang sudah menjadi kebutuhan karena semakin banyak saya traveling semakin banyak pengalaman hidup yang saya dapat. Sedikitpun tidak pernah terbersit di kepala bahwa saya bisa traveling ke Luar Negeri, tetapi meskipun demikian di awal tahun 2016 saya memutuskan untuk membuat paspor . Saat itu saya benar-benar tidak membayangkan bisa traveling ke luar negeri sampai setahun kemudian saya bisa menginjakkan kaki di Negara lain berkat promo member Airasia . Meskipun saya sudah terbang bersama Airasia di awal tahun 2015 tetapi sa

3 Kuliner legendaris Di Jember Yang Wajib Kamu Coba

  Train to Jember Sebenarnya ga pernah kepikiran sih bakalan traveling ke Jember. Ketika sahabat gw tiba-tiba ngajakin ke Jember lalu muncullah pertanyaan di kepala gw, emang di Jember ada apa? Karena tiket pesawat mahal aja pas akhir tahun akhirnya gw mengiyakan ajakan temen gw buat traveling ke Jember yang mana bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api jadi itung-itung piknik hemat dan yang penting bisa mengisi libur panjang akhir tahun. Karena gw janjian sama temen gw yang ada di Surabaya jadilah gw beli tiket Jogja- Surabaya terlebih dulu baru keesokan harinya gw lanjut Surabaya-Jember bareng temen gw Indra. Perjalanan Surabaya-Jember memakan waktu sekitar 4 jam. Setibanya di Jember dalam keadaan gerimis jadilah kami langsung memesan go-car untuk menuju hotel kami.Untuk hari pertama kami menginap di Royal Hotel n' Lounge yang berjarak sekitar 15 menit dari stasiun. Sesampainya di hotel kami hanya beristirahat sebentar sambil browsing kira-kira hari pertama ini mau kemana dan