Sehatkan Indonesia bersama Sembutopia

Sudah seberapa besar kesadaran kita akan hidup sehat ? Kalau saya pribadi kesadaran akan hidup sehat masih rendah dikarenakan saya masih suka makan sembarangan, jarang berolahraga dan pola tidur yang tidak teratur tapi meskipun demikian alhamdulillah sampai sekarang masih sehat wal afiat ^_^. 

Kesadaran saya akan pentingnya hidup sehat jadi tergugah ketika saya berkesempatan mengikuti peringatan World Health Day yang diselenggarakan oleh Sembutopia yang bertempat di  Cielo 37 yang terletak di lantai 9 Hotel Grand Aston Yogyakarta pada hari Sabtu (14/4/18).

Sebenarnya apakah sembutopia itu ? Sembutopia adalah suatu platform digital yang berfokus sebagai media edukasi, motivasi,dan penyembuhan yang didirikan oleh Bapak Kafi Kurnia. Tema acara malam hari itu adalah 'More Healthy by Eating Food' karena pastinya kesehatan kita sangat ditentukan oleh apa yang kita makan.

Dalam sambutannya Bapak Kafi juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia terancam diabetes. Hal ini dibuktikan dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) Kementrian Kesehatan RI, dimana jumlah penderita diabetes di tahun 2013 mencapai angka 9,1 juta jiwa dan jumlah ini semakin bertambah dari tahun ke tahun. Penyakit diabetes ini diakibatkan karena kita lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana, sedangkan untuk menjadikan tubuh kita sehat maka kita harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks. 

chef Jojo (kiri), pak Kafi (tengah), pak leonard (kanan)
Apa sih bedanya karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks, dan mengapa karbohidrat sederhana bisa mengakibatkan diabetes ? karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang terdiri dari satu atau dua molekul gula sedangkan karbohidrat kompleks itu adalah karbohidrat yang terdiri dari tiga atau lebih molekul gula. Karena jumlah molekul dari karbohidrat sederhana itu hanya sedikit maka akan lebih mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat menigkatkan kadar glukosa darah yang bisa berakibat pada diabetes. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks karena sifatnya yang lebih lama dicerna disamping itu karbohidrat kompleks juga lebih banyak mengandung serat, vitamin dan mineral.

Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kentang. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Leonard Tjahjadi selaku representative dari Potatoes USA mengatakan bahwa kentang itu mengandung serat sebesar 20% dan 80 % air.

Karena besarnya manfaat kentangbagi kesehatan maka di acara World Health Day kemarin disajikan beberapa menu makanan yang berbahan dasar kentang hasil olahan chef jojo dari Grand Aston dimana sajian ini berupa krecek sigar, sate buntel dan blinis with asian fish.

krecek sigar

blinis with asian fish

sate buntel
Pastinya makanan-makanan ini selain enak juga menyehatkan karena terbuat dari bahan yang mengandung karbohidrat kompleks. Selain kentang karbohidrat kompleks juga bisa kita jumpai di dalam buah apel. Selain mengadung karbohidrat kompleks buah apel juga mengandung bermacam - macam vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat bermanfaat. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari dapat mencegah berbagai penyakit seperti asma, diabetes tipe - 2, stroke, kanker paru dan penyakit jantung.


Ternyata manfaat karbohidrat kompleks itu sungguh luar biasa ya, so yakin masih mau sehat dengan makan karbohidrat sederhana ? Kalau saya sih enggak. 

Beruntungnya saya bisa bergabung di acara ini, tidak hanya mendapat pengetahuan yang semakin menyadarkan saya akan pentingnya hidup sehat dengan mengkonsumi makanan yang benar plus dapat Goodie bag pula. Udah  sehat bahagia pula, siapa coba yang ga mau (^_^).
Terima kasih sembutopia untuk kesempatannya. Semoga semakin banyak orang Indonesia yang sehat dengan keberadaanmu.




0 komentar