Langsung ke konten utama

The Things You Can Do At Melaka In A Day


Melaka World Heritage City
Tidak berbeda jauh dengan saudaranya Penang yang sama-sama merupakan World Heritage City di Negara Malaysia maka kamu tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk mengeksplore kota ini dikarenakan keduanya merupakan kota kecil di Negara bagian Malaysia. Karena wilayahnya yang tidak terlalu luas maka kita bisa berjalan kaki mengelilingi kota ini, di samping itu letak dari beberapa tempat wisata juga berdekatan.
Begitu sampai di Nomaps hostel maka yang saya lakukan adalah menyusuri keindahan sungai Melaka di malam hari dengan membeli paket Melaka River Cruise yang sudah saya beli melalui traveloka. Dengan tiket seharga sekitar 80rb kita bisa menyusuri keindahan sungai Melaka selama 30 menit dengan menaiki kapal dengan dipandu oleh suara yang menjelaskan beberapa bagian Melaka yang kita lalui.

Melaka at night
Keesokan hari cuaca di Melaka begitu cerah sehingga saya memutuskan untuk berkeliling dengan berjalan kaki. Tujuan pertama saya adalah ke Christ Church yang merupakan gereja kristen tertua di Melaka. Letaknya tidak terlalu jauh dari hostel saya jadi cukup berjalan 3 menit saja sudah sampai di depannya. 
crist church melaka

Di sela menyusuri Christ Church aku juga singgah di Istana Kasultanan Malaka dan A Famosa yang dalam bahasa Portugis artinya 'terkenal'.

istana kasultanan Malaka

benteng A Famosa

Sambil terus melangkahkan kaki akhirnya sampailah saya di Tapak Bastion Victoria dimana di sana terdapat tulisan "Welcome To Melaka World Herritage City".

 
tapak bastin victoria site
Puas berfoto-foto di sini akhirnya kaki saya terus melangkah tanpa menggunakan map karena saya pikir Melaka ini kecil jadi ga mungkinlah saya tersesat. Kaki saya terus melangkah menyusuri pinggiran sungai Melaka yang mana di kanan kirinya banyak terdapat mural-mural yang indah.

mural di pinggir sungai melaka
tanpa rasa lelah kaki ini terus melangkah menyusuri jalan setapak di Melaka hingga sampai di depan sebuah kuil yang menarik perhatianku dan akhirnya aku memutuskan masuk ke dalamnya yang mana akhirnya aku ketahui kuil ini bernama Cheng Hoon Teng yang merupakan kuil Buddha.

penampakan luar kuil
salah satu spot di dalam kuil

Tak terasa matahari sudah lumayan terik ketika keluar dari kuil dan perutku sudah berontak kelaparan. Awalnya aku ingin mencoba chicken rice balls di dekat hostel tetapi ketika aku baru mau ikut antri tiba-tiba disamperi oleh mbak pelayan kedai dan bilang kalau di situ non halal so aku keluar dari antrian dan pindah tempat makan tak jauh dari situ namanya my chicken rice dan aku memesan seporsi nasi chicken hainan dan secangkir teh tarik panas.

penampakan luar restoran

lunch time

Setelah menghabiskan makan siangku aku bergegas kembali ke hostel untuk cek out karena aku harus pindah hotel ke Hallmark yang letaknya tidak jauh dari hostelku sebelumnya. sebelum cek out pastinya poto-poto dulu di hostelku karena ada beberapa spot foto yang lucu.

lucu ya mural di belakangku

Karena jarak hotelku tidak terlalu jauh jadi aku memutuskan untuk berjalan kaki dan untungnya pas tadi keliling aku sempat melewati hotelku jadi aku tidak perlu pusing mencari hotelku di hari kedua ini.

penampakan depan hotel
my room

Sesampainya di hotel aku beristirahat sejenak karena mendadak cuaca juga hujan dan barulah selepas magrib aku memutuskan untuk ke Shore Sky Tower dengan niat ingin melihat pemandangan kota Melaka dari atas. Untuk tiketnya sendiri sudah aku pesan sebelumnya melalui aplikasi klook. Tetapi sesampainya di sana ternyata tidak diperbolehkan memasuki area Shore Sky dikarenakan sehabis hujan jadi agak berbahaya. meskipun demikian aku tidak kecewa karena akhirnya aku memutuskan untuk makan malam aja di The Sky Deli Restaurant. Dari dalam The Sky Deli aku juga masih bisa menikmati pemandangan malam kota Melaka.

view from the sky deli restaurant

melaka at night

Karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan akhirnya kelar makan malam di The Sky Deli aku memutuskan untuk ke Jonker Walk yang terkenal sebagai salah satu ikonnya Melaka untuk sekedar melihat-lihat dan membeli oleh-oleh karena keesokan hari liburanku sudah usai.

jonker walk night market

Anyway liburan ke Melaka ini adalah last tripku sebelum akhirnya pandemi melanda. Meskipun Melaka kecil tapi suatu hari nanti aku pengen balik lagi kesini karena belum kesampaian ngopi di Kedai Kopi Chung Wah. Oiya untuk ke Melaka sendiri bisa naik bus dari KLIA 1 ya platform 13 kalau belum berubah😁 dan untuk harga tiket busnya juga relatif murah. Enjoy my journey hope this 2024 more journey to go....

back to reality






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan Bebek Dengan Nuansa Bali, Ya ke Bebek Indra Aja

  dok by @javafoodie Ada yang tau Bebek Indra atau jangan-jangan belum tau ya ?Di usianya yang masih terbilang baru menginjak usia 2 tahun wajar sih ya kalau para pecinta kuliner di Jogja belum terlalu kenal sama yang namanya Bebek Indra tetapi meskipun begitu kelezatan Bebek Indra ini tidak diragukan lagi lho karena udah banyak direview oleh beberapa food blogger kenamaan seperti @makankeliling , @javafoodie dan @gembulfoodie jadi ga usah khawatir soal rasa. Selain rasanya sebenarnya yang membuat Bebek Indra istimewa adalah suasananya yang menghadirkan nuansa Bali membuat kita berasa lagi di Bali dengan iringan musik Bali dan bau Dupa yang khas bener-bener membuat kita berasa lagi di Bali. So kalau kalian ingin makan bebek sambil menikmati suasana Bali wajib banget ke Bebek Indra. doc by @gembulfoodie Untuk pilihan bebeknya sendiri ada bebek indra atau bebek crispy cuma kalau aku pribadi lebih suka bebek crispy. Untuk pilihan sambelnya ada sambel indra, sambel matah dan sambal kor

Mudahnya Perpanjang SIM di SIM Corner Jogja City Mall

  tempat pengambilan formulir dan pembayaran SIM   Hai gaes aku mau share sedikit soal pengalamanku memperpanjang SIM di SIM Corner JCM nih. Setelah beberapa hari sebelumnya gagal perpanjang karena salah fotokopi SIM yang mau diperpanjang padahal udah mau ambil formulir jadinya gagal deh karena kalau harus keluar Mall buat fotokopi lagi waktunya ga bakalan kekejar karena pendaftaran bakalan tutup 15 menit lagi atau jam 11 tepatnya. Hari berikutnya juga sempat nyari info soal SIM keliling tetapi dasarnya ga rejeki juga eh pas dapat info ada SIM keliling di Polsek Depok pas tiba di TKP jam 10.30 tapi juga pas bubaran jadi ya udah deh akhirnya memutuskan buat balik ke JCM lagi besoknya. Oiya sebelum ke JCM siapkan fotokopi KTP dan SIM yang mau diperpanjang sebanyak masing-masing 2 lembar ya gaes biar kalian ga buang waktu buat bolak balik keluar masuk Mall cuma buat fotokopi terlebih kalau waktunya mepet. Karena di Mall ga ada tempat fotokopi jadi pastikan sebelum masuk kalian sudah bawa

Mudahnya Baca Berita Dan Mengikuti Live Streaming Melalui IDN App

Dengan berkembangnya teknologi membuat kita semakin mudah untuk mengakses berbagai informasi dan berita dimanapun kita berada karena bagi orang seusia saya yang termasuk dalam generasi milenial ini dulu kala kalau mau mengakses berita biasanya melalui siaran berita yang tayang di Televisi tetapi seiring dengan berjalannya waktu disertai dengan perkembangan teknologi cara seperti itu sudah tidak lagi praktis, di samping itu juga saya pribadi selama 10 tahun terakhir ini sudah tidak pernah menonton Televisi. Meskipun demikian bukan berarti saya tidak mengikuti perkembangan berita terbaru karena saya sangat tertolong dengan perkembangan teknologi yang menghadirkan smartphone dan adanya jaringan internet yang memudahkan saya untuk mengakses berbagai informasi yang saya butuhkan di manapun dan kapan saja. Bayangkan betapa ribetnya kalau kita masih harus mengandalkan Televisi sebagai sumber berita karena kita tidak bisa membawa Televisi kemanapun kita pergi jadi pastinya berita yang ki