The Things You Can Do At Melaka In A Day

backpackiffa.com
Tidak berbeda jauh dengan saudaranya Penang yang sama-sama merupakan World Heritage City di Negara Malaysia maka kamu tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk mengeksplore kota ini dikarenakan keduanya merupakan kota kecil di Negara bagian Malaysia. Karena wilayahnya yang tidak terlalu luas maka kita bisa berjalan kaki mengelilingi kota ini, di samping itu letak dari beberapa tempat wisata juga berdekatan.
Begitu sampai di Nomaps hostel maka yang saya lakukan adalah menyusuri keindahan sungai Melaka di malam hari dengan membeli paket Melaka River Cruise yang sudah saya beli melalui traveloka. Dengan tiket seharga sekitar 80rb kita bisa menyusuri keindahan sungai Melaka selama 30 menit dengan menaiki kapal dengan dipandu oleh suara yang menjelaskan beberapa bagian Melaka yang kita lalui.

Keesokan hari cuaca di Melaka begitu cerah sehingga saya memutuskan untuk berkeliling dengan berjalan kaki. Tujuan pertama saya adalah ke Christ Church yang merupakan gereja kristen tertua di Melaka. Letaknya tidak terlalu jauh dari hostel saya jadi cukup berjalan 3 menit saja sudah sampai di depannya.
backpackiffa.com
Di sela menyusuri Christ Church aku juga singgah di Istana Kasultanan Malaka dan A Famosa yang dalam bahasa Portugis artinya 'terkenal'.

Sambil terus melangkahkan kaki akhirnya sampailah saya di Tapak Bastion Victoria dimana di sana terdapat tulisan "Welcome To Melaka World Herritage City".

Puas berfoto-foto di sini akhirnya kaki saya terus melangkah tanpa menggunakan map karena saya pikir Melaka ini kecil jadi ga mungkinlah saya tersesat. Kaki saya terus melangkah menyusuri pinggiran sungai Melaka yang mana di kanan kirinya banyak terdapat mural-mural yang indah.

backpackiffa.com
tanpa rasa lelah kaki ini terus melangkah menyusuri jalan setapak di Melaka hingga sampai di depan sebuah kuil yang menarik perhatianku dan akhirnya aku memutuskan masuk ke dalamnya yang mana akhirnya aku ketahui kuil ini bernama Cheng Hoon Teng yang merupakan kuil Buddha.

Tak terasa matahari sudah lumayan terik ketika keluar dari kuil dan perutku sudah berontak kelaparan. Awalnya aku ingin mencoba chicken rice balls di dekat hostel tetapi ketika aku baru mau ikut antri tiba-tiba disamperi oleh mbak pelayan kedai dan bilang kalau di situ non halal so aku keluar dari antrian dan pindah tempat makan tak jauh dari situ namanya my chicken rice dan aku memesan seporsi nasi chicken hainan dan secangkir teh tarik panas.

Setelah menghabiskan makan siangku aku bergegas kembali ke hostel untuk cek out karena aku harus pindah hotel ke Hallmark yang letaknya tidak jauh dari hostelku sebelumnya. sebelum cek out pastinya poto-poto dulu di hostelku karena ada beberapa spot foto yang lucu.
backpackiffa.com
Karena jarak hotelku tidak terlalu jauh jadi aku memutuskan untuk berjalan kaki dan untungnya pas tadi keliling aku sempat melewati hotelku jadi aku tidak perlu pusing mencari hotelku di hari kedua ini.

Sesampainya di hotel aku beristirahat sejenak karena mendadak cuaca juga hujan dan barulah selepas magrib aku memutuskan untuk ke Shore Sky Tower dengan niat ingin melihat pemandangan kota Melaka dari atas. Untuk tiketnya sendiri sudah aku pesan sebelumnya melalui aplikasi klook. Tetapi sesampainya di sana ternyata tidak diperbolehkan memasuki area Shore Sky dikarenakan sehabis hujan jadi agak berbahaya. meskipun demikian aku tidak kecewa karena akhirnya aku memutuskan untuk makan malam aja di The Sky Deli Restaurant. Dari dalam The Sky Deli aku juga masih bisa menikmati pemandangan malam kota Melaka.

Karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan akhirnya kelar makan malam di The Sky Deli aku memutuskan untuk ke Jonker Walk yang terkenal sebagai salah satu ikonnya Melaka untuk sekedar melihat-lihat dan membeli oleh-oleh karena keesokan hari liburanku sudah usai.
backpackiffa.com
Anyway liburan ke Melaka ini adalah last tripku sebelum akhirnya pandemi melanda. Meskipun Melaka kecil tapi suatu hari nanti aku pengen balik lagi kesini karena belum kesampaian ngopi di Kedai Kopi Chung Wah. Oiya untuk ke Melaka sendiri bisa naik bus dari KLIA 1 ya platform 13 kalau belum berubah😁 dan untuk harga tiket busnya juga relatif murah. Enjoy my journey hope this 2024 more journey to go....