Yuk Kenalan Sama ASUS World's Thinnest & Lightest AI Gaming Laptop

dok ig asus

By the way aku sudah jatuh cinta sama brand ASUS Sejak 10 tahun yang lalu di mana awalnya aku memakai notebook ASUS kemudian berganti memakai Asus Vivobook 14 dari 2019 sampai sekarang. Di samping itu aku juga menggunakan HP ASUS Zenfone 5Q yang udah 5 tahun ini setia menemaniku walaupun sebenarnya HPnya udah agak udzur tapi aku masih enggan menggantinya karena HP ini cukup tipis dan elegan sebenarnya. Ngomong-ngomong soal ketipisan ASUS juga menghadirkan inovasi Laptop Gaming paling tipis dan ringan diantaranya adalah ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G14 dan TUF Gaming A15.

ASUS sendiri merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard , PC, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Sedangkan ROG (Republic Of Gamers) adalah sub-merek ASUS yang memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras gaming terbaik di dunia. Jadi biar lebih kenal sama ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G14 dan TUF Gaming A15 mari kita bahas satu persatu keunggulan dari masing-masing jenis Laptop ini.

1. ROG Zephyrus G16

ROG Zephyrus G16 merupakan Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop dengan layar 16-inci, memiliki desain bodi dengan bobot hanya 1.85 Kg, ketebalan 1,49 cm, dibekali layar ROG Nebula Display dengan panel OLED berteknologi VRR melalui NVIDIA G-SYNC yang memungkinkan pengalaman bermain game yang mulus tanpa gangguan tearing atau stuttering, serta ditenagai prosesor intel® Core™ Ultra Series dengan Intel® AI Boost yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Disamping itu ROG Zephyrus G16 merupakan AI gaming laptop yang ditenagai Windows 11, sistem operasi terbaik untuk gaming dan content creation. 

Untuk kualitas audio ROG Zephyrus G16 merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu , keduanya juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Bisa dikatakan sistem audio di ROG Zephyrus G16 kali ini adalah yang terbaik diantara laptop gaming 16-inci lainnya.

Meski mengusung desain sangat tipis dan ringan, ROG Zephyrus G16 tetap merupakan sebuah mesin gaming yang powerful. Untuk itulah ROG Zephyrus G16 dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4080 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk ekperimentasi AI.

dok ig asus
dok asus

2. ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G14 merupakan AI Gaming Laptop 14-inci paling tipis, ringan dan powerful di dunia dengan bobot hanya 1,5 Kg dan ketebalan di angka 1,59 cm. AI Gaming laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 series yang telah dibekali NPU Ryzen™ AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal. Selain itu ROG Zephyrus G14 juga merupakan AI Gaming laptop pertama di dunia yang menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu , layar OLED di ROG Zephyrus G14 memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki respon time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

dok from ig asus
Meski mengusung desain yang sangat tipis dan ringan, ROG Zephyrus G14 tetap merupakan sebuah mesin gaming yang powerful. Untuk itulah ROG Zephyrus G14 dibekali dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif hingga mendukung untuk ekperimentasi AI.

ROG Zephyrus juga dijamin selalu dapat mengadirkan performa yang konsisten berkat sistem pendingin ROG Intellegent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Sistem pendingin tersebut membuat ROG Zephyrus G14 dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktifitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

Untuk audionya sendiri ROG Zephyrus G14 sudah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos dan dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Speaker tersebut merupakan yang terbaik yang bisa ditemukan di laptop gaming thin and light seperti ROG Zephyrus G14.

dok asus

 3. TUF Gaming A15

dok asus

TUF Gaming A15 merupakan pionir AI Gaming Laptop paling terjangkau. TUF Gaming A15 merupakan salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 8040 series yang sudah dibekali Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI.  Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat TUF Gaming A15 dikategorikan sebagai AI-powered gaming laptop. Berkat prosesor AMD Ryzen™ 8040 series, TUF Gaming A15 tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam pemrosesan AI. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA™ yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi.

Selain prosesor yang sangat andal TUF Gaming A15 dibekali GPU modern yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi. Hadir dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, TUF Gaming A15 tidak hanya dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru, tetapi juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI seperti menjalan aplikasi konten generation secara offline atau bahkan melakukan training AI. TUF Gaming A15 juga dibekali dengan MUXSwitch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan flexibilitas lebih kepada pengguna AI gaming laptop ini.

Seperti para pendahulunya, TUF Gaming A15 merupakan laptop yang dirancang tidak hanya memberikan performa gaming terbaik, tetapi juga durabilitas terdepan karena merupakan salah satu satu dari sedikit laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi ini membuktikan bahwa TUF Gaming A15 memiliki desaain bodi lebih tangguh dibandingkan dengan kompetitornya sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.

dok asus
Nah kira-kira itulah beberapa penjelasan singkat mengenai world's thinnest and lightest AI Gaming yang meliputi ROG Zephyrus G16, ROG Zephyrus G14 dan TUF Gaming A15 kira-kira yang mana ni favorit kalian?

 









Posting Komentar untuk "Yuk Kenalan Sama ASUS World's Thinnest & Lightest AI Gaming Laptop"