Langsung ke konten utama

Mudahnya Perpanjang SIM di SIM Corner Jogja City Mall

 

tempat pengambilan formulir dan pembayaran SIM
 

Hai gaes aku mau share sedikit soal pengalamanku memperpanjang SIM di SIM Corner JCM nih. Setelah beberapa hari sebelumnya gagal perpanjang karena salah fotokopi SIM yang mau diperpanjang padahal udah mau ambil formulir jadinya gagal deh karena kalau harus keluar Mall buat fotokopi lagi waktunya ga bakalan kekejar karena pendaftaran bakalan tutup 15 menit lagi atau jam 11 tepatnya. Hari berikutnya juga sempat nyari info soal SIM keliling tetapi dasarnya ga rejeki juga eh pas dapat info ada SIM keliling di Polsek Depok pas tiba di TKP jam 10.30 tapi juga pas bubaran jadi ya udah deh akhirnya memutuskan buat balik ke JCM lagi besoknya. Oiya sebelum ke JCM siapkan fotokopi KTP dan SIM yang mau diperpanjang sebanyak masing-masing 2 lembar ya gaes biar kalian ga buang waktu buat bolak balik keluar masuk Mall cuma buat fotokopi terlebih kalau waktunya mepet. Karena di Mall ga ada tempat fotokopi jadi pastikan sebelum masuk kalian sudah bawa itu fotokopi SIM dan KTP sebanyak masing-masing 2 lembar.

waktu dan syarat perpanjangan SIM

Walaupun Mall buka jam 10 tapi SIM Cornernya udah buka dari jam 8 kok. Oiya SIM Corner JCM ini ada di lantai P2. Begitu sampai parkiran langsung aja menuju lantai P2 nanti di depan pintu Mall sudah ada satpam yang berjaga kalian bisa menggunakan lift atau pakai eskalator, bebas pilih sesuka hati.

Kalau bingung nanya sama bapak ini ya gaes...

Begitu sampai di lantai P2 kalau bingung ada petugas yang siap sedia membantu di depan tapi kalau syarat buat perpanjangan sudah lengkap langsung aja masuk ambil formulir pendaftaran sambil menyerahkan SIM & KTP asli, 1 lembar fc SIM dan 1 lembar KTP. Ambil formulirnya sama pak polisi yang sederetan sama teller. Btw kan bawa fc KTP dan SIM nya kan 2 kenapa yang dikumpul cuma satu-satu ? Tenang sobat nanti fc yang satunya dikumpul pas mau daftar psikotes ya.

Di formulirnya sudah tertera nomer pendaftaran kalian jadi tinggal diisi lengkap nanti kalau sudah dikumpulkan di petugas yang ada di luar yang menghadap ke utara, serahkan formulirnya plus fc SIM dan KTP masing-masing 1 lembar sambil membayar 50.000 untuk biaya psikotes. Setelah membayar kalian akan diberikan lembar jawaban untuk diisi, sedangkan untuk soal sudah ada di atas kursi. Pilih tempat duduk yang tersedia dan jangan lupa tetap jaga jarak dan pakai masker kalian. Psikotesnya suka-suka kita aja kalau sudah selesai langsung dikumpulkan kembali ke petugas terus masuk ke dalam buat cek kesehatan. Ga usah nungguin hasil tesnya karena ga bakalan dikasih tau juga...mungkin psikotesnya cuma sebagai syarat bahwa kejiwaan kita tidak terganggu jadi bolehlah mengendarai kendaraan....haha.

Psikotes dulu kali aja ada yang kejiwaannya terganggu...lol
 

Setelah psikotes kita dikasih berkas buat lanjut tes kesehatan. Masuk lagi ke dalam terus taruh aja itu berkasnya di keranjang kecil yang sudah tersedia dan tunggu sampai nama kita dipanggil. Pas sudah dipanggil bayar 30.000 barulah kemudian diperiksa. Untuk tes kesehatannya sendiri cuma ditanya tinggi dan berat badan doang sama tes buta warna aja kok. Kelar diperiksa lanjut ke tempat tadi awal ambil formulir yang disampingnya sudah ada petugas Bank yang akan menerima pembayaran untuk pembuatan SIM kita. Untuk SIM A biayanya 80.000 sedangkan SIM C biayanya 75.000. Habis bayar nanti dapat nomer antrian lagi buat foto SIM sama KTP asli yang tadi diminta di awal bakal dikembalikan. Duduk manis dulu sampai dipanggil nomer antrianmu. Kelar foto tinggal nunggu deh hasilnya. Duduk lagi dengan tenang sambil menunggu namamu dipanggil...udah deh kelar...

kalau sudah dapat antrian ini berarti prosesnya tinggal sebentar lagi
 

Aku sendiri pas bikin datang jam 9 karena kudu ngantor dulu dan ijin atasan. Tapi juga overall prosesnya lumayan cepet, tergantung antrian juga ya...Pas aku kemaren cuma butuh waktu sekitar 1 jam lebih dikitlah karena antrian lumayan banyak. Semakin pagi datangnya mungkin bisa lebih cepat kelarnya karena antrian belum banyak. Semoga membantu yang mau membuat maupun perpanjangan SIM ya gaes...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

'Sate Kanak' Kreasi Baru Sate Ratu Juaranya Ngulik Rasa

Sate Ratu juaranya Sate di dunia Kalau Sate Ratu pasti semuanya udah tau kan ya, tapi kalau Sate Kanak sepertinya terdengar asing di telinga bukan ? wajar aja sih asing di telinga karena Sate Kanak ini baru saja dilahirkan oleh Sate Ratu gegara ikutan kompetisi  'Ngulik Rasa' yang diadakan oleh Unilever Food Solutions bulan November lalu yang mana kompetisi ini bertujuan untuk membangkitkan kreativitas pebisnis kuliner Indonesia dalam menciptakan kreasi fusion dari makanan khas Indonesia yang tengah digemari milenial Indonesia. Kompetisi ini diikuti lebih dari 2900 pebisnis kuliner dari seluruh Indonesia berdasarkan tiga kategori yaitu Sate, Soto dan Nasi Goreng. Dan kebetulan Sate Ratu mendapatkan juara untuk kategori Sate dengan kreasi Sate Kanaknya. Sate Kanak yang menjadi juara ngulik rasa ini merupakan hasil inovasi Pak Budi selaku owner dari Sate Ratu. Seperti kita ketahui Sate Ratu mempunyai menu andalan Sate Merah yang terkenal dengan tastenya yang pedas. Ka

Lituhayu Coffee Tempat Nongkrong Asyik di Sisi Timur Jogja

Tinggal di desa terpencil di sisi utara Jogja tepatnya Cangkringan membuat ku susah untuk mencari tempat tongkrongan yang asyik dan dekat dari rumah, berbeda sekali ketika aku berada di kos yang letaknya memang di dekat kota, mau ngopi atau nongkrong tinggal pilih aja dan ga perlu pergi jauh. Kalau di rumah untuk nongkrong paling ga harus pergi ke Jakal atau turun ke daerah Prambanan dan itu pun juga ga banyak tempat tongkrongan yang asyik. Tempat nongkrong andalan dekat rumah selama ini cuma Wedang Kopi Prambanan sampai akhirnya aku mendapatkan rekomendasi tempat ngopi di daerah Kalasan dari Pak Agung Managerku di kantor. Dari beliau lah aku tau tentang Lituhayu Coffee and Traditional Eatery yang ada di daerah Kalasan tak jauh dari rumahku. Kalau di rumah rasanya gatel aja kalau ga nongkrong dan aku emang hobi sih nyobain tempat tongkrongan baru untuk sekedar tau soal suasana, kopi maupun makanannya. Di samping itu juga adekku sebagai ibu rumah tangga yang kurang piknik p