Traveling on Budget

Kalau yang ga tau pasti ngiranya duit gw banyak karena sudah 4 tahun terakhir ini gw sering meluangkan waktu untuk traveling entah itu di dalam maupun luar negeri. Walaupun untuk traveling keluar negeri baru di mulai di awal tahun 2017 lalu. Awalnya ga pernah kebayang bakalan bisa traveling apalagi sampai ke luar negeri. Orang kesampaian naik pesawat aja baru pas mau menginjak usia 30 tahun gara-gara dikirimin tikep pp buat ke tempat asalnya pacar yang sekarang udah jadi mantan yang saat itu niatnya mau dikenalin sama calon mertua tapi ga taunya 7 bulan setelah itu malah diputusin...lol...Dan sejak saat itu aku jadi ketagihan naik pesawat dan jadilah memutuskan untuk traveling setelah putus...(mohon maaf kalau jadi curhat). Ya udah ga usah diingat apa yang sudah berlalu daripada bikin sedih padahal di sini gw mau sharing sesuatu yang membahagiakan supaya kalian bisa traveling juga kayak aku.

Untuk bisa traveling pastinya butuh budget ye kan kecuali ada perusahaan yang nyeponsori elo itu beda lagi pemirsa dan ini yang akan gw share di tulisan gw kali ini karena ada request buat share soal budget traveling. Sebenarnya bingung juga sih kalau ditanya soal berapa budget yang diperlukan untuk bisa traveling ? Tapi kalau gw sendiri sih biasanya tujuan itu mengikuti budget atau bisa juga misal kalian punya budget berapa bisa juga di arrange mau traveling kemana yang pasti budget dan tujuan inline lah biar ga berat di ongkos pemirsa.

Untuk gw sendiri sih biasanya menghabiskan sekitar 3-10jt untung sekali traveling dengan catatan menggunakan pesawat sebagai transportasi, kalau cuma naik bus atau kereta sih ga usah dibahaslah ya dan balik lagi semua tergantung kemana tujuannya.

First time traveling gw adalah ke Bali awal tahun 2015 dan itu gw travelingnya berempat, 3 orang dari Jogja dan satu temen gw nyusul dari Bandung.

just landed in Bali 2015
Saat itu sih aku menghabiskan dana sekitar 3 jutaan dengan rincian :
  • tiket pesawat Jogja - Bali PP 900rb
  • Hotel 3D2N 700 (for 2 person) jadi 1 orangnya 350
  • sewa mobil 1 hari 400rb buat berdua, hari pertama jalan-jalan dianter sama temennya temen gw yang kebetulan tinggal di Bali jadi menghemat biaya transport
  • biaya makan sekitar 300rb
  • biaya masuk obyek wisata 150rb 
  • beli oleh-oleh 300rb 
plus ditambah hedon di Potato Head Beach Club dimana menghabiskan uang 1,5jt berlima itupun yang makan cuma 2 orang dan  sisanya beli minum doang....piknik terhedon gw selain tidur semalam di cruise seharga 1jt pas di Ha Long Bay....hahaha...untuk cerita soal Ha Long Bay bisa kalian baca di blog gw yang berjudul The Other Beauty of Vietnam 'Hanoi and Ha Long Bay'

Itu hanya salah satu contoh budgeting pas gw traveling as the title of this post about traveling on budget so i can share some tips gimana caranya biar bisa piknik hemat...inget ya hemat bukan murah...
  1. kalau kamu traveling dengan pesawat pastikan membeli tiket jauh-jauh hari apalagi kalau pikniknya pas peak season baik untuk penerbangan domestik maupun international.
  2. kalau tujuanmu flightnya pake transit lebih baik ngeteng. Ngeteng itu beli tiket putus-putus. ini gw lakukan pas traveling ke Vietnam dan Kamboja. karena kalau gw beli tiket Jogja - Vietnam langsung pasti harganya bakalan lebih mahal dan kebetulan gw janjian sama temen gw di KL jadilah beli tiket Jogja - KL baru KL - Ho Chi Min
  3. membandingkan harga tiket pesawat minimal dari 2 situs booking. kalau gw sih cuma ngandelin traveloka atau tiket.com doang. Sering-sering cek juga karena kadang juga ada promo walaupun ga sesering airasia yang kebetulan gw member Airasia Big gara-gara gw apply CC CIMB Niaga yang kebetulan saat itu lagi ada kerjasama sama Airasia. Dan gara-gara punya poin waktu kemaren ke Krabi (Thailand) 3 dari tiket gw cuma seharga 150rban...murahkan?...haha..
  4. Untuk penginapan tentukan mau nginep di hotel ataukah hostel. Kalau traveling sendiri biasnya gw mematok harga maksimal 250 untuk penginapan. Jika dengan 250 tidak dapat hotel yang worthed maka gw bakalan memilih hostel walaupun untuk hostel gw suka agak worry about safetynya secara tidurnya kan sekamar beramai-ramai. And again sama kayak tiket pesawat kadang untuk hotel sama gw bakalan cek mana yg lebih murah antara booking di traveloka atau tiket.com. selama traveling harga hotel termahal gw cuma 420rban waktu di Belitung karena niatnya nyari hotel yang kalau misal ga bisa kemana-mana tapi bisa dapet semuanya dan itu gw dapet ketika nginep di Bukit Berahu Resort yang mana begitu buka kamar viewnya langsung laut dong udah gitu punya cafe yang kece jadi kloplah sama harapan. untuk cerita lengkap soal Belitung bisa kalian cek di postingan gw yang judulnya tersesat di Belitung.
  5. Sering cek promo  di situs-situs booking yang uda gw sebutin di atas karena di situs tersebut seringkali ada promo tiket pesawat maupun hotel dan kebetulan buat ke Philipina bulan April besok gw dapet tiket Royal Brunei seharga 3jtan dari tiket.com (kalau ga promo harganya bisa 7jtan) 
  6. Redeem poin ; Redeem poin ini bisa dilakukan ketika kalian sudah sering melakukan transaksi di situs-situs tersebut dimana di setiap transaksi yang kalian lakukan akan mendapatkan poin tertentu yang ketika sudah mencapai jumlah tertentu bisa di redeem seperti bulan Mei lalu pas gw nginep di KL cuma bayar 70rb doang untuk harga hotel yang seharusnya seharga 200rb. Redeem ini tidak hanya berlaku buat hotel tapi juga tiket pesawat. Kalau redeem tiket pesawat seringnya gw lakukan ketika ada promo airasia dimana gw bisa redeem Big Poin gw sehingga akhirnya bisa dapet tiket murah seharga 150rban
  7. Untuk biaya makan sih tergantung kalian mau budgetin berapa, kalau gw pribadi sih range buat sekali makan dan minum antara 20-50 rban.
  8. untuk transportasi menyesuaikan dengan tempat tujuannya kalau gw mah. Apakah akan sewa motor, mobil atau menggunakan transportasi umum. Kalau masih dalam negeri sih biasanya gw sewa motor atau mobil tergantung traveling berberapa dan medannya seperti apa. sedangkan untuk di luar negeri gw lebih sering memakai transportasi umum.
Kira-kira ini sih yang bisa gw share soal traveling on budget. Kalau ingin tau gw udah kemana aja bisa cek di IG gw @backpackiffa and you can leave a comment or send me email if there is any question about destination or budget yang mana pastinya tempat-tempat yang udah gw kunjungi ya. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kalian buat traveling ya....karena bagaimanapun juga traveling itu perlu perencanaan terutama soal budget kan ga lucu pas lagi piknik tiba-tiba kehabisan duit dan jadi gembel lebih-lebih di negara orang...that shame...!!!


Posting Komentar untuk "Traveling on Budget"