Langsung ke konten utama

3 Kuliner legendaris Di Jember Yang Wajib Kamu Coba

 

Train to Jember

Sebenarnya ga pernah kepikiran sih bakalan traveling ke Jember. Ketika sahabat gw tiba-tiba ngajakin ke Jember lalu muncullah pertanyaan di kepala gw, emang di Jember ada apa? Karena tiket pesawat mahal aja pas akhir tahun akhirnya gw mengiyakan ajakan temen gw buat traveling ke Jember yang mana bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api jadi itung-itung piknik hemat dan yang penting bisa mengisi libur panjang akhir tahun. Karena gw janjian sama temen gw yang ada di Surabaya jadilah gw beli tiket Jogja- Surabaya terlebih dulu baru keesokan harinya gw lanjut Surabaya-Jember bareng temen gw Indra.

Perjalanan Surabaya-Jember memakan waktu sekitar 4 jam. Setibanya di Jember dalam keadaan gerimis jadilah kami langsung memesan go-car untuk menuju hotel kami.Untuk hari pertama kami menginap di Royal Hotel n' Lounge yang berjarak sekitar 15 menit dari stasiun. Sesampainya di hotel kami hanya beristirahat sebentar sambil browsing kira-kira hari pertama ini mau kemana dan ngapain.

Kalau biasanya gw share wisatanya apa aja kali ini gw share wisata kuliner di Jember aja ya. Untuk destinasi wisatanya next gw share di tulisan berikutnya.

Karena jam menunjukkan waktunya makan siang akhirnya kami memutuskan untuk makan bakso kabut bu juhairiyah. Bakso Kabut Bu Juhairiyah ini terletak di Jl. Rasamala II, Dusun Krajan, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Sekitar 30 menit dari hotel kami menginap dan tempatnya agak blusuk tapi ramai dengan pengunjung.

Bakso Kabut Bu Juhairiyah

penampakan bakso kabut bu juhairiyah

Aku sendiri tidak tau kenapa dinamakan bakso kabut mungkin karena bagian luarnya diselimuti telur kali ya makanya dinamakan bakso kabut. Untuk baksonya sendiri ada beberapa pilihan dengan harga yang beragam juga mulai dari harga Rp 7.000 - Rp. 25.000.

 menu yang tersedia di bakso kabut bu juhairiyah

Setelah kenyang makan bakso di siang hari maka malam harinya kami memutuskan untuk nongkrong di Cafe Kolong yang terletak di Bawah Jembatan Jarwo, Jl. Mastrip, Krajan Timur, Sumbersari. Kenapa namanya Kafe Kolong ? ya karena kafenya emang terletak di bawah kolong jembatan.

penampakan cafe kolong

Harga makanan dan minuman di Cafe Kolong ini cukup terjangkau jadi tidak bakal bikin kantong bolong. Sebagai pecinta kopi aku sih memesan segelas kopi Vietnam Drip sebagai minuman penutup hari. Suasana di Cafe Kolong sendiri cukup ramai dengan rata-rata pengunjung adalah anak muda. Puas nongkrong akhirnya kami pun memutuskan balik ke hotel untuk beristirahat.

coffee please..

Selain Bakso Kabut maka ketika siang hari yang terik dan kalian butuh kesegaran maka wajib banget cobain Es Krim Domino yang cukup legendaris di kota Jember. Es krim ini terbuat dari susu sapi murni dan tanpa bahan pengawet. Harga per scoopnya juga mulai dari 8.000 saja. Tempat ini buka dari jam 09.00 - 15.00 kemudian buka lagi jam 17.00 - 21.00 dari hari Senin- Sabtu. Untuk hari minggu hanya buka jam 09.00 - 15.00

penampakan es krim domino
Selain es krimnya yang enak wajib banget cobain pangsit ayamnya. Pangsitnya crunchy dengan isian ayam yang melimpah. Rasanya bener-bener nagih. Satu porsinya dibanderol harga 8.000, cukup murah bukan ? Saking enaknya gw ampe bungkus seporsi lagi buat di makan di hotel.

pangsit ayam domino

Selain bakso dan es krim makanan yang wajib kalian coba di Jember adalah Pangsit Mie Rama yang terletak di Jl. Diponegoro 28. Mie Rama ini bukanya sore hari sampai malam ya gaes dan sudah dipastikan ramai pengunjung karena tempatnya kecil. Sebelum memesan pastikan dulu kalian dapat tempat duduk. Seporsi mie dibanderol harga 25rb. Mungkin bagi sebagian orang merasa porsinya sedikit tetapi buatku porsi dan rasanya pas.

penampakan pangsit mie rama

Kira-kira itulah kuliner yang harus kalian coba di Jember..Next kita explore wisata apa yang ada di Jember yes...To Be Continue...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan Bebek Dengan Nuansa Bali, Ya ke Bebek Indra Aja

  dok by @javafoodie Ada yang tau Bebek Indra atau jangan-jangan belum tau ya ?Di usianya yang masih terbilang baru menginjak usia 2 tahun wajar sih ya kalau para pecinta kuliner di Jogja belum terlalu kenal sama yang namanya Bebek Indra tetapi meskipun begitu kelezatan Bebek Indra ini tidak diragukan lagi lho karena udah banyak direview oleh beberapa food blogger kenamaan seperti @makankeliling , @javafoodie dan @gembulfoodie jadi ga usah khawatir soal rasa. Selain rasanya sebenarnya yang membuat Bebek Indra istimewa adalah suasananya yang menghadirkan nuansa Bali membuat kita berasa lagi di Bali dengan iringan musik Bali dan bau Dupa yang khas bener-bener membuat kita berasa lagi di Bali. So kalau kalian ingin makan bebek sambil menikmati suasana Bali wajib banget ke Bebek Indra. doc by @gembulfoodie Untuk pilihan bebeknya sendiri ada bebek indra atau bebek crispy cuma kalau aku pribadi lebih suka bebek crispy. Untuk pilihan sambelnya ada sambel indra, sambel matah dan sambal kor

Bahagia Bersama Airasia Hingga Akhirnya Bisa Traveling Ke Luar Negeri

off to KL Pertama kali berkenalan dengan Airasia adalah awal tahun 2015 tepatnya bulan Januari ketika saya melakukan perjalanan ke Bali bersama teman-teman saya. Awalnya saya melakukan traveling sebagai bentuk pelarian akibat patah hati, harapannya dengan traveling saya bisa menyembuhkan rasa sakit saya akibat putus cinta tetapi ternyata hal itu tidak berhasil. Meskipun demikian tidak menyurutkan niat saya untuk terus traveling, yang awalnya hanya pelarian sekarang sudah menjadi kebutuhan karena semakin banyak saya traveling semakin banyak pengalaman hidup yang saya dapat. Sedikitpun tidak pernah terbersit di kepala bahwa saya bisa traveling ke Luar Negeri, tetapi meskipun demikian di awal tahun 2016 saya memutuskan untuk membuat paspor . Saat itu saya benar-benar tidak membayangkan bisa traveling ke luar negeri sampai setahun kemudian saya bisa menginjakkan kaki di Negara lain berkat promo member Airasia . Meskipun saya sudah terbang bersama Airasia di awal tahun 2015 tetapi sa