Short trip 2D1N Di Ujung Kulon


Pulau Ujung Kulon dok. by wuki
Gimana gaes kangen ga sama tulisanku? Jangankan kangen baca aja keknya kagak...haha....but anyway mau ada yang baca ga aku tetep mau cerita about short tripku ke Ujung Kulon Bulan Mei lalu. So trip ke Ujung Kulon ini terjadi karena ajakan TJ beberapa bulan sebelumnya. Kenapa short trip?ya karena sebenarnya trip ini hanya di weekend aja gaes yang mana kita berangkat jumat malam terus minggunya dah balik lagi. Ini sifatnya juga open trip ya gaes jadi semakin banyak pesertanya semakin murah harganya dan waktu itu aku hanya bayar 670ribu aja. Karena semua yang atur TJ so aku tinggal cus ke Jakarta aja karena meeting pointnya di Jakarta.

Sebagai jompo yang sok-sok mau bertualang jadilah aku ke Jakarta naik kereta ekonomi Bengawan seharga 74rb aja gaes, rasanya gimana?Encok....jadi untuk kereta ekonomi naiknya dari stasiun lempuyangan ya gaes. Kalau dari Jogja kereta Bengawan berangkat malam hari pukul 21.23 dan tiba di Jakarta esok hari kira-kira pukul 5.40 dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 8 jam 15 menit, maklum waktu tempuhnya lebih lama karena kalau kereta ekonomi selalu berhenti di setiap stasiun jadi ya sabar aja and enjoy the ride.

otw tidur
Oiya meskipun kereta ekonomi tapi tetep ada colokan buat ngecharge HP kok jadi jangan khawatir baterai habis dan ga bisa eksis. Colokannya juga ada 2 jadi ga perlu rebutan ama teman sebelah.
colokannya ada 2 jadi ga perlu rebutan
Setelah melalui perjalanan panjang yang melelahkan dan bikin encok akhirnya sampailah aku di Stasiun Jatinegara. Apakah perjalananku sudah sampai di sini? tentu belum gaes karena aku harus ke rumah temanku di Depok jadilah aku naik Commuterline tujuan Duren Kalibata karena dijemput supirnya teman di sana. Ini juga jadi pengalaman pertamaku naik Commuterline di Jakarta. Untuk beli tiketnya bisa bayar pakai Gopay atau e-money ya gaes jadi ga usah bingung dan biayanya murah aja cuma 3000 rupiah so ga bakalan bikin miskin.
otw duren tiga
Oiya ini aku ke Depok buat istirahat dulu karena berangkat ke Ujung Kulonnya malem jadi aku bisa istirahat dulu setelah melalui perjalanan panjang nan melelahkan dan bikin encok ini.

Setelah setengah hari istirahat jam 8 malam aku harus bertemu dengan teman-teman lain di Plaza Festival Kuningan sebagai meeting point kita. Setelah kurang lebih menunggu 2 jam akhirnya semua teman-teman berkumpul dan berangkatlah kita ke Sumur Pandeglang dengan naik bus. Dari Sumur barulah nanti kita ke Pulau Peucang di Ujung Kulon dengan naik kapal. Total peserta Open Trip ini ada 30an orang jadi ya mayan rame ya gaes. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 jam akhirnya sampailah kita ke Sumur sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Pulau Peucang.

otw kapal besar
Sesampainya di sumur masih jam 4-an pagi jadi kami sholat dulu dan cuci muka sebelum naik ke kapal. Karena kapal besarnya agak di tengah jadi kita diantar pakai perahu kecil bergantian karena kapal kecilnya hanya muat 12an orang. Dan karena hari masih pagi dan cuaca cukup cerah jadi kita bisa menikmati segarnya udara dan pemandangan laut menuju Ujung Kulon. Untuk sampai ke Ujung Kulon tepatnya Pulau Peucang memakan waktu sekitar 3 jam ya. Karena rata-rata temennya baru jadi selama di kapal kita bisa menghabiskan waktu dengan saling kenalan dan ngobrol satu sama lain. 
finally sampai di Pulau Peucang
Sesampainya di Pulau Peucang kita naruh tas aja sama cuci muka karena untuk sarapan tadi kita udah di kapal ya. Jadi jangan khawatir meskipun open trip ini murah tapi dijamin ga bakal laper tapi ya tidurnya tep di barak kecuali kemaren yang pada upgrade kamar bisa tidur dengan nyaman di villa yang fasilitasnya lebih memadai.

Setelah kelar naruh barang dan beres-beres tiba saatnya kita explore Pulau Peucang dan tujuan pertama adalah mengunjungi pohon Kiara yang sangat terkenal di Pulau ini. Pohon Kiara (Ficus benjamina L) merupakan tumbuhan raksasa rimba yang berbatang besar, tajuknya rapat, daunnya berbentuk lonjong serta pohon yang dapat mematikan tumbuhan lain.

bersama pohon Kiara dan teman-teman OT
Puas menikmati kesegaran udara, foto-foto dan mengagumi pohon Kiara kita pun kembali ke tempat penitipan tas karena hamba ga upgrade kamar jadi tas masih dititip gaes beda sama yang upgrade karena meraka udah langsung cek in ke kamar masing-masing tadi sebelum treking ke Pohon Kiara. Untuk yang ga upgrade kamar tidurnya di barak macam pengungsi yang mana tidurnya cuma pakai kasur yang ditaruh di lantai. Tapi ya buat gw sih ga masalah yang penting ada kasur dan bantal tetep bisa tidur lagian cuma semalam ini.

Kelar treking kita makan siang dulu ya gaes sebelum snorkling biar punya tenaga buat basah-basahan di laut. Untuk tempat snorkling sendiri tidak jauh dari daratan Pulau peucang hanya perlu naik kapal sekitar 30 menitan aja. Meskipun cuaca lumayan terik tapi tidak mengurangi keceriaan kami dan pastinya jangan lupa pakai sunscreen ya gaes biar kesehatan kulit tetap terjaga meskipun kita panas-panasan jadi kecantikan dan ketampanan kita ga luntur oleh teriknya matahari.

snorkling time
Puas snorkling kita balik ke barak buat istirahat sebelum nantinya sunsetan dan treking ke savana Cidaon. Tapi pas treking ke savana Cidaon hayati ga ikutan gaes karena mendadak kepala pening jadilah hayati cuma nunggu di kapal aja tapi untungnya tetep bisa dapet sunset yang cakep.

sunset in the middle of the sea

Savana Cidaon dok by TJ
Kelar sunsetan kita kembali ke daratan buat makan malam dan istirahat. Kelar makan malam hamba minum obat dan langsung tidur demi kesahatan raga yang udah jompo. Kadang-kadang traveling itu mengajarkan kita buat lebih tau badan sendiri dan ga perlu memaksakan diri. Kalau capai ya istirahat, maklum jompo kadang tenaganya terbatas.

Setelah tidur lelap karena efek minum obat keesokan paginya badan udah enakan jadilah kita explore sekitar aja sambil menikmati udara pagi di Pulau Peucang yang masih fresh karena jauh dari yang namanya polusi sebelum akhirnya lanjut Canoeing ke sungai Cigenter yang merupakan destinasi terakhir di trip ini.

cakep ya gaes lautnya
Untuk sampai ke sungai Cigenter kita naik kapal besar dulu walaupun akhirnya kami berpindah dengan menggunakan boat kecil sebelum akhirnya dibagi menjadi beberapa grup untuk naik ke perahu kecil yang didayung. Untuk canoeing sendiri tidak memakan waktu lama karena antrian grup mayan banyak sedangkan perahunya terbatas jadi harus bergantian.
canoeing at cigenter dok by wuki
Kelar canoeing kita kembali ke kapal besar dan bersiap-siap kembali ke Sumur dan kemudian lanjut ke Jakarta. So gaes kira-kira ini cerita short tripku ke Ujung Kulon bulan Mei lalu harapannya sih pengen ketemu Badak Bercula Satu seperti kita tau bahwa Ujung Kulon ini terkenal sebagai habitat dari Badak Bercula Satu kan ya, tetapi ternyata menemukan Badak bercula Satu tidak mudah sama dengan tidak mudahnya nyari jodoh....dih malah curhat....

so kalau kalian pengen kesini jangan ragu-ragu untuk ikutan open trip karena ternyata dengan ikutan open trip kita bisa dapat teman-teman baru yang sama menyenangkannya di samping itu juga biayanya bisa lebih murah gaes kalau pesertanya semakin banyak tapi tetep kudu bisa pilih-pilih yang trusted ya gaes....have a nice weekend gaes jangan lupa piknik...see you on my next journey...





Posting Komentar untuk "Short trip 2D1N Di Ujung Kulon"